Selasa, 30 Maret 2010

Hubungan antara kegelisahan dan kebudayaan dalam kehidupan manusia

Hubungan antara kegelisahan dan kebudayaan dalam kehidupan manusia
Kegelisahan berasal dari kata “gelisah”. Gelisah artinya rasa yang tidak tenteram di dalam hati atau sealu merasa khawatir, tidak dapat tenang (saat tidur), tidak sabaran (ketika menanti), cemas dan sebagainya. Kegelisahan artinya perasaan gelisah, khawatir, cemas, takut dan jijik. Rasa gelisah ini sesuai dengan suatu pendapat yang menyatakan bahwa manusia yang gelisah mudah dihantui rasa khawatir atau takut.
Pada suatu saat dalam kehidupan manusia pasti akan mengalami kegelisahan, hal ini bila tidak cepat diatasi akan dapat menyebabkan timbulnya suatu penyakit. Kegelisahan yang cukup lama hinggap dalam diri, bisa menyebabkan hilangnya kemampuan dalam merasakan kebahagiaan.
Seiring dengan perkembangan kehidupan manusia yang semakin modern, akan timbul juga berbagai permasalahan dalam hidup yang menyebabkan timbulnya kegelisahan. Semua ini timbul, akibat kebutuhan hidup yang meningkat, rasa individualistis Dalam konteks budaya, dapat dikatakan timbulnya kegelisahan sebagia akibat dari instink manusia untuk berbudaya, yaitu sebagai suatu cara untuk mencari “kesempurnaan”. Atau dari sisi batiniah manusia, gelisah sebagai akibat noda dosa pada hati manusia. Dan tidak jarang akibat kegelisahan seseorang, sekaligus membuat orang lain menjadi korbannya.
Alasan mendasar mengapa manusia gelisah ialah karena manusia memiliki hati dan perasaan. Bentuk kegelisahannya berupa keterasingan, kesepian, dan ketidakpastian. Perasan-perasaaan semacam ini silih berganti dengan kebahagiaan, kegembiraan dalam kehidupan manusia. Perasaan seseorang yang sedang gelisah, ialah hatinya tidak tenteram, merasa khawatir, cemas, takut, jijik, dan sebagainya. Perasaan cemas menurut Sigmund Freud ada tiga macam, yaitu:
1. Kecemasan Objektif, dimana kegelisahan ini mirip dengan kegelisahan terapan seperti contohnya ketika seorang anak belum juga pulang sekolah, padahal sudah lewat waktunya, ketika ibu sedang sakit keras, dan lain-lain
2. Kecemasan Neurotik (saraf), kecemasan ini timbul akibat pengamatan tentang bahaya dari naluri. Contohnya ketika hidup dalam lingkungan yang baru, kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan itu, rasa takut yang irrasional, rasa gugup, dan sebagainya.
3. Kecemasan Moral, yang muncul dari emosi diri sendiri seperti perasaan iri, dengki, dendam, hasud, marah, sombong, rendah diri, dan sebagainya.

Cara mengatasi kegelisahan pertama-tam adalah harus dimulai dari diri sendiri, yaitu kita harus bisa bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, niscaya segala kegelisahan serta kesulitan akan dapat kita atasi. Dengan ketenangan seperti ini, akan mungkin orang yang mengancam kita akan mengurungkan niatnya. Contohnya : Ketika di tengah jalan ada seseorang berniat jahat kepada kita menodongkan senjata tajam, dia akan semakin berani mengamcam ketika melihat kita gemetaran dan ketakutan. Namun bila kita menghadapinya dengan tenang, dan berani, tentu orang yang mengarahkan senjata kepada kita mungkinakan gentar dan mengurungkan niatnya.
Di dalam ajaran agama, salah satu cara untuk mengatasi kegelisahan adalah manusia diperintahkan untuk selalu meningkatkan iman, taqwa, amal saleh, dan ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hanya dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan, makahati gelisah manusia akan hilang sedikit demi sedikit. Yang dimaksud mendekatkan diri dengan Tuhan disini adalah tidak melulu hubungan vertikal dengan Tuhan, tapi juga harus disertai dengan hubungan vertikal dengan sesama manusia dan juga lingkungan. Contohnya : ketika kita sedang mengalami suatu masalah yang pelik, saat ada salah satu anggota keluarga yang sakit keras namun tidak sembuh-sembuh maka satu-satunya tempat kita memohon kesembuhan adalah Tuhan Yang Maha Esa. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan disertai berbagai uaha untuk mendapat kesembuhan maka diri kita akan ikhlas dalam menerima segal cobaan dan apapun yang terjadi nantinya.

2 komentar:

jihanherbal mengatakan...

informasi yang menarik,dan bermanfaat.
mkasih gan

zihan mengatakan...

terimakasih info nya
bermanfaat bgt

Posting Komentar